Cara Memperbaiki TV Rusak Horizontal Dan Vertikal

Cara Memperbaiki TV Rusak Horizontal Dan Vertikal

Assalamu ’ alaikum , teman seluruh . Jumpa lagi bersama penulis web belajar servis elektronik .Dalam peluang yang kemudian kita telah menekuni modul yang sangat dahsyat terpaut cara mengatasi televisi bergaris Horizontal .

Buat itu dalam kesemptan ini penulis hendak hadirkan suatu modul yang sangat menarik buat Kamu seluruh tahu terpaut metode membetulkan televisi bergaris Vertikal .Sangat banyak yang pengen mengenali gimana metode membetulkan televisi bergaris vertikal , buat seperti itu penulis memilah modul Ini buat disajikan di pagi yang terang ini .

Semacam kehancuran televisi pada biasanya , kehancuran televisi bergaris vertical ini dapat diakibatkan oleh sebagian perihal apakah solderan yang tidak bagus ataupun komponen dalam televisi tersebut terdapat yang rusak .

Saat sebelum penulis mangulas lebih dalam service mode terpaut metode membetulkan televisi bergaris vertikal , rasanya butuh terlebih dahulu kita pahami karakteristik dari kehancuran vertical .Karakteristik dari kehancuran televisi bergaris vertical tv rusak garis vertikal , televisi ingin hidup tetapi cuma tampak satugaris tegak lurus ( vertikal ) di layar tv Kamu .

Cara Perbaiki TV Rusak Vertikal


Terdapat 4 metode yang dapat Kamu jalani dalam membetulkan televisi dengan kehancuran vertical semacam berikut ini :

1 . Jalani penyolderan ulang soket defleksi ( yoke )


Keadaan solderan yang tidak baik pada soket defleksi dapat jadi pemicu televisi dengan kehancuran bergaris vertikal .

Buat itu hendaknya saat sebelum Kamu melaksanakan analisa kehancuran lebih dalam hendaknya Kamu solder ulang dahulu pin defleksinya sebab kerap longgar .

2 . Cek apakah terdapat resistor yang dibakar pada bagian Horizontal


Sehabis berakhir membebaskan casing televisi coba Kamu perhatikan apakah Kamu resistor yang dibakar .

Bila Resistor dibakar jangan buru - buru ditukar sebab acapkali ditemui kapasitor Polyprop bagian Horizontal rusak sehingga menyebab R tersebut jadi dibakar .Ubah lekas kapasitor tersebut dengan nilai yang sama . Umumnya televisi telah dapat hidup wajar kembali .

Buat membenarkan kalau kapasitor tersebut betul - betul rusak , terdapat baiknya Kamu ukur dengan memakai perlengkapan spesial buat mengukur kapasitor .Nama perlengkapan tersebut ESR M . Perlengkapan ini sangat akurat dalam mengukur nilai kapasitor .

Hendak namun bila Kamu belum memilikinya Kamu dapat memakai perlengkapan ukur multimeter biasa .Metode mengukurnya dengan posisi saklar pada skala 100K .

3 . Cek satu persatu komponen pada bagian Horizontal


Ukur satu persatu komponen bagian Horizontal spesialnya Resitor yang satu jalan dengan pin defleksi bagian Horizontal out .Tidak kurang ingat pula Kamu ukur kapasitor milar pada bagian Horizontal sebab kapasitor ini sangat kerap hadapi kehancuran , semacam nampak pada foto di atas bawah .

4 . Cek kawat Defleksi yoke bagian dalam


Defleksi yang dibakar ( rusak ) hendak menimbulkan televisi dengan kehancuran bergaris vertikal .Berikutnya coba Kamu amati kawat defleksi bagian dalam apakah dibakar , bila ya gantilah dengan defleksi yang orisinil dengan no seri yang sama .

Sebab bila Kamu ubah bukan yang orisinil serta bukan dengan no seri yang sama , umumnya hendak terjalin permasalahan pada layar televisi Kamu .Masalah yang kerap terjalin foto jadi kurang lebar , foto tidak penuh samping kiri serta kanan terdapat hitamnya .

In Syaa Allah , dalam kesemptan selanjutnya penulis hendak coba mangulas terpaut metode menanggulangi foto yang kurang penuh akibat pergantian defleksi ataupun yoke dengan no seri yang berbeda .

Butuh Kamu perhatikan kalau kala Kamu menciptakan permasalahan kehancuran semacam ini “ televisi bergaris vertikal di tengah ” jangan lambat - laun menghidukan televisi tersebut sebab dapat menimbulkan Panel Horizontal Out jadi rusak .

Buat membetulkan televisi yang rusak memanglah diperlukan kesabaran serta motivasi yang baik .Sehingga terdapat baiknya dikala melaksanakan proses revisi keadaan benak serta hati dalam kondisi yang normal .

Sebab jika kurang fokus jangankan menciptakan pemicu kehancuran televisi tersebut , yang dapat terjalin malah tangan ataupun kaki kita kena panasnya solder akibat kurang fokus : )

Yakinlah dengan usaha yang serius hendak bawa hasil yang lebih baik .

Penulis harap Kamu dapat menguasai modul ini sebab modul semacam ini dapat Kamu miliki dengan menjajaki pelatihan baik secara resmi ataupun non resmi dengan bayaran yang lumayan mahal .

Tetapi , disini aku bagikan free buat Kamu . Tujuannya biar Kamu dapat mempunyai insight yang luas dalam membetulkan televisi tabung yang rusak . Kehancuran televisi bergaris horizontal sangat kerap ditemukan oleh golongan tuser .

Karakteristik dari kehancuran televisi bergaris horizontal , televisi ingin hidup tetapi dilayar cuma tampak 1 [satu] garis Horizontal semacam yang nampak pada foto di atas .Sebaliknya buat metode membetulkan televisi bergaris Horizontal yang jadi letak analisa kerusaka tv yakni pada bagian Vertikal .

Untuk Kamu yang belum begitu menguasai bagian - bagian dalam televisi , belum menguasai metode melaksanakan analisa krusakan ataupun metode mengukur tegangan dalam televisi terdapat baiknya Kamu amati “ Panduan Premium Terbaik ” .

Dalam panduan ini lumayan banyak dibahas Mengenai kehancuran televisi yang sangat berarti Kamu tahu supaya Kamu betul - betul dapat jadi Pakar dalam reparasi televisi tabung .Dikala Kamu menciptakan menciptakan kehancuran televisi semacam ini yang jadi objek Kamu merupakan bagian Vertikal .

Sebab bagi teori revisi televisi tabung bila terjalin kehancuran televisi bagian Horizontal inilah yang jadi penyebabnya .Buat itu berartinya Kamu menguasai Teori dalam revisi televisi tabung sebab hendak sangat mempermudah Kamu nantinya dalam melaksanakan analisa kehancuran televisi tersebut .

Berita baik seluruh telah dipaparkan dalam panduan “ Premium Terbaik ” .

Cara Memperbaiki TV Rusak Horizontal


Dalam cara memperbaiki tv bergaris horizontal terdapat 3 metode Jitu yang dapat Kamu jalani , semacam yang tersebut di dasar ini :

1 ) Ukur B+ IC Vertikal


Supaya televisi bias hidup wajar tegangan B+ pada ic vertical wajib terpenuhi 24 VDC .Bila B+ IC Vertikal tidak terdapat tegangan 24 VDC hingga televisi hendak tampil garis horizontal .

Berikutnya , coba Kamu ukur tegangan sumber ic vertical . Spesial tegangan ic vertical terdapat yang di ambil maupun berasal dari Flyback terdapat pula yang dari regulator .

Pin 24 V yang ada pada flyback itu merupakan sumber tegangan ic vertical . Bila pada tegangan sumber ada tegangan lagi di B+ ic vertikal tidak terdapat sama skali hingga Kamu ukur seluruh komponen yang satu jalan dengan ic vertical .

Acapkali ditemui komponen yang rusak sampai menimbulkan arus tidak dapat mengarah B+ Vertikal .

2 ) Ukur tegangan output IC Vertikal


Tegangan yang ada pada output ic vertikal antara 12 vdc sd 24 vdc . Apabila tegangan output ic vertikal tidak terdapat tegangan ataupun tegangan melebihi 24 v dapat kita simpulkan kalau ic vertical tersebut telah dalam keadaan rusak .

Gantilah dengan ic dengan type yang sama serta mutu ORI umumnya televisi telah bisa hidup wajar kembali .

3 ) Analisa kehancuran pada IC Chroma


Apabila 2 Langkah tersebut di atas telah Kamu simak dengan baik tetapi senantiasa tidak membuahkan hasil terdapat mungkin ic chroma televisi tersebut rusak .Kehancuran ic osilator pada ic chroma dapat jadi faktor kehancuran televisi bergaris horizontal .

Saat sebelum Kamu mengubah ic chroma terdapat baiknya Kamu yakinkan dahulu apakah benar ic chroma rusakan ataupun tidak .Triknya Kamu ukur tegangan pada pin ataupun kaki v - out pada ic croma . Tegangan dekat 0 , 2 v .

Apabila Kamu kesusahan memastikan letak pin v - out ic croma tersebut Kamu dapat mencari di internet datasheet ic tersebut .Tujuannya buat mempermudah Kamu memastikan letak pin ic croma .

Bila tidak terdapat tegangan dekat 0 , 2 v berikutnya coba Kamu ukur komponen yang disekitar ic chroma .Bila seluruh dalam keadaan bagus , Kamu dapat coba mengubah ic tersebut .Umumnya sehabis dicoba pergantian komponen televisi telah dapat hidup wajar kembali .

3 Metode membetulkan televisi bergaris Horizontal yang tersebut di atas merupakan metode yang sangat terbukti dalam menanggulangi televisi dengan kehancuran semacam Ini .Butuh pula buat Kamu tahu keadaan elco pada bagian kaki ic vertikal yang tv lg kondisinya sudah tidak baik dapat menimbulkan televisi dengan kehancuran televisi bergaris Horizontal .

Jadi Kamu hendaknya cek satu persatu elko pada bagian ic vertikal sebab kerap kali kehancuran televisi semacam ini diakibatkan elco yang download suara tv rusak kondisinya telah tidak bagus .Jangan Kurang ingat Share ya ke sahabat Kamu . Apabila terdapat persoalan dapat Kamu tuliskan dalam kolom pendapat di dasar ini . Penulis ucapkan terimakasih .

Penutup


Mudah - mudahan ulasan postingan yang terpaut metode membetulkan televisi bergaris Horizontal serta vertikal dalam peluang ini dapat berguna buat Kamu seluruh .

Posting Komentar

0 Komentar